Banjir, PLN Hentikan Sementara Pengoperadian 326 Gardu Listrik
February 25, 2020
Perbaikan Over Kapasitas Lapas
February 25, 2020

Perang dan konflik bersenjata, selain membuat korban di kedua pihak, selalu saja masyarakat sebagai pihak yang terjepit di tengah kondisi yang morat marit. Masyarakat harus mengungsi, anak sekolah pun ikut mengungsi membuat mereka kehilangan waktu untuk belajar, atau keluarga  yang kehilangan anggota keluarga menjadi korban  dari pihak aparat keamanan ataupun dari kelompok bersenjata. Kami telah mencatat dan menyaksikan kesedihan yang terungkap, dan melihat dendam yang tersimpan di mata para pengungsi. Konflik yang telah membawa duka mendalam.

Data Pengungsi Konflik Nduga

 

Berapa jumlah sebenarnya pengungsi yang tercatat akibat konflik bersenjata di Nduga? Pertanyaan yang sulit dijawab oleh pihak terkait, kedua pihak yang bertikai mengaku cukup kesulitan untuk mengetahui jumlah secara detilnya pengungsi konflik Nduga disebabkan berbagai kendala.

Serai merupakan salah satu pengungsi di Wamena akibat konflik Nduga. Serai mengatakan Perang, membuat dia beserta  keluarga mengungsi ke hutan karena takut. Setelah berhari-hari berada di gua-gua di hutan, akhirnya mereka sampai di Wamena dan saat ini menetap di sana dengan kondisi  seadanya Bersama para pengungsi lainnya.

 

Sekolah Darurat

 

Para pengungsi yang saat ini bertahan di Wamena bersama para relawan kemanusiaan Papua dengan mencoba mempertahankan sekolah darurat dengan cara membangun kembali bangunan sekolah. Dengan cara bergotong royong, tak hanya orang tua siswa, siswa juga ikut  bergotong royong membangun sekolah. Mereka menyadari betapa pentingnya Pendidikan tetap berjalan meskipun situasi dalam kondisi tidak menentu.

Raga Kogoya adalah seorang relawan di sekolah darurat di gereja Weneroma, Wamena, provinsi Papua. Dia smenjadi relawan di sana sudah hampir satu tahun. Raga adalah sarjana ekonomi dan walaupun tidak mempunyai latar belakang guru, Raga merasa “bahagia mengurus anak-anak” aku nya.

Bagian tersulit pada saat meliput daerah Papua adalah merangkum dan meringkasnya, mengemasnya dengan sederhana biar mudah dicerna. Banyak sekali masalah saling terkait yang sulit dilepaskan satu dan lainnya. Banyak juga berita Hoax yang sengaja di sebar luaskan sesuai dengan maksud dan kepentingan, Disinilah peran aparat keamanan agar dapat menyaring sehingga berita yang terseba di masyarakat adalha berita yang sebenarnya.

Sumber : VOA pers Papua